Mu’adzah bintu Abdillah Al-’Adawiyyah Al-Bashriyyah


Ilustrasi

Nama dan Keturunannya

Dia seorang tabi’iyah. Namanya Mu’adzah bintu Abdillah Al-’Adawiyyah Al-Bashriyyah rahimahallah. Berkuniah dengan Ummush Shahba’. Dia adalah istri seorang tabi’i yang mulia, Abush Shahba’, Shilah bin Asyyam rahimahullah.

Keilmuannya

Dikenal sebagai seorang wanita yang berilmu. Dia mengambil hadits Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam dari ‘Ali bin Abi Thalib, ‘Aisyah Ummul Mukminin, Hisyam bin ‘Amir Al-Anshari, dan Ummu ‘Amr bintu ‘Abdillah bin Az-Zubair radhiyallahu ‘anhum. Sederet ulama meriwayatkan hadits darinya.

Al-Imam Yahya bin Ma’in rahimahullah menyatakan bahwa Mu’adzah rahimahallah adalah seorang yang tsiqah hujjah, mengisyaratkan akan kekokohan riwayatnya. Hadits yang diriwayatkannya adalah hadits-hadits yang dapat menjadi hujjah, termaktub dalam kitab-kitab yang mengumpulkan hadits-hadits shahih.

Mu’adzah rahimahullah juga dikenal sebagai seorang wanita ahli ibadah. Dia biasa menghidupkan malam-malamnya dengan ibadah. Pernah dia menyatakan, “Aku sungguh heran dengan mata yang selalu tidur, padahal dia telah mengetahui adanya tidur panjang nanti di dalam kegelapan kubur.”

Dalam perguliran masa, ternyata Allah ta’ala tetapkan Mu’adzah ditinggalkan oleh orang-orang yang dicintainya. Suami dan putranya meninggal dalam suatu peperangan. Para wanita pun berdatangan dan berkumpul di sisi Mu’adzah.

“Selamat datang jika kalian datang untuk memberikan ucapan selamat!” kata Mu’adzah menyambut mereka. Dia pun melanjutkan, “Adapun jika tidak, maka lebih baik kalian kembali.”

Wanita mulia ini wafat pada tahun 83 H, meninggalkan ilmu yang begitu berharga. Semoga Allah ta’ala meridhainya.

Wallahu ta’ala a’lamu bish-shawab.

Sumber: Mu’adzah Bintu ‘Abdillah. ditulis oleh: Al-Ustadzah Ummu ‘Abdirrahman bintu ‘Imran. Sumber bacaan: • Siyar A’lamin Nubala’, Al-Imam Adz-Dzahabi (4/508-509) • Tahdzibul Kamal, Al-Imam Al-Mizzi (35/308-309). http://asysyariah.com/muadzah-bintu-abdillah.html.

One Response

  1. hnya wanita hebatlah yg bisa mnghidupkn dunia ni.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: