WUDHU’, Syarat-syaratnya


Sebagaimana ibadah yang lain, semisal sholat tidak sah tanpa wudhu’, begitu pula wudhu’ juga mempunyai syarat-syarat yakni sesuatu yang harus dipenuhi sebelum diamalkan dan penentu teranggap sah suatu ibadah sesuai syariat. Syarat-syarat wudhu ada delapan:

1. ISLAM

Berdasarkan pembuka ayat wudhu dengan menggunakan seruan yang mulia ini,

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا

“Wahai orang-orang yang beriman.”

Allah mengarahkan pembicaraan kepada orang yang disifati dengan keimanan; karena dialah yang mau mendengarkan perintah¬-perintah Allah dan mengambil manfaat dari padanya. Karena inilah Nabi Shalallahu ‘alahi wa sallam bersabda :

“Dan tidaklah menjaga wudhu kecuali orang yang beriman. (Dikeluarkan dari hadits Tsauban oleh: Ahmad (22429) [5/355]; Ibnu Majah (278) [1/178] dan dikeluarkan pula oleh imam yang lainnya dari shahabat lain.)

2. BERAKAL

Tidak sah seseorang yang tidak berakal wudhu’nya, berdasarkan hukum yang ma’ruf yaitu diangkatnya pena (catatan amal)dari tiga orang sebagaimana sabda Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam:

“Pena diangkat dari tiga golongan: orang yang gila yang akalnya tertutup sampai sembuh, orang yang tidur sehingga bangun, dan anak kecil sehingga baligh.” (HR. Ibnu Khuzaimah, Ibnu Hibban, dan Ad-Daruquthni dari shahabat ‘Ali dan Ibnu ‘Umar, Asy-Syaikh Al-Albani mengatakan: “Shahih” dalam Shahih Jami’, no. 3512)

2. TAMYIZ

Maka wudhu tidak sah apabila dilakukan oleh orang kafir, orang gila, anak kecil yang belum mumayyiz, yakni belum dapat membedakan yang baik dan yang buruk.

4.   NIAT;

Niat, berdasarkan sabda Nabi yang masyhur,

“Sesungguhnya setiap amalan -syah atau tidaknya- tergantung dengan niat.” (HR. Al-Bukhari dan Muslim).

Berniat untuk berwudhu di dalam hati dengan tidak mengucapkannya. Karena Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam tidak pernah melafadzkan niatnya baik di dalam wudhu maupun shalatnya, dan juga seluruh ibadahnya. Begitu pula karena Allah Subhanahu wa Ta’ala mengetahui apa yang ada di dalam hati sehingga tidak ada perlunya untuk diberitakan lewat lisannya.

Maka wudhu tidak sah apabila dilakukan oleh orang yang tidak berniat untuk berwudhu; seperti berwudhu untuk mendinginkan anggota badan atau membasuh anggota wudhu untuk menghilangkan najis atau kotoran.

5.   MENGGUNAKAN AIR yang SUCI.

Apabila air tersebut najis, maka tidak memenuhi syarat. Lihat pembahasannya disini.

6.   MENGGUNAKAN AIR yang MUBAH.

Air yang mubah yakni air yang boleh untuk digunakan, apabila air tersebut adalah hasil rampasan atau memperolehnya dengan cara yang tidak syar’i, maka tidak sah wudhunya menggunakan air tersebut.

7.   DIDAHULUI dengan ISTINJA’ dan ISTIJMAR

Sudah dimaklumi bahwa selayaknya bagi seorang muslim apabila seusai membuang hajat (air kecil / air besar) maka ia membersihkan bagian qubul dan duburnya dengan istinja’ (membersihkan dengan air) atau istijmar (membersihkan dengan batu dan semisalnya kecuali tulang dan kotoran kering) serta bagian tubuh yang lain yang terkena najis. Sebagaimana yang telah lewat perinciannya, baca di sini.

8.   MENGHILANGKAN PENGHALANG SAMPAINYA AIR ke KULIT.

Maka orang yang berwudhu harus menghilangkan apa yang ada pada anggota wudhu, seperti: tanah, pasta, lilin, kotoran yang menumpuk atau cat yang tebal; agar air bisa mengalir mengenai kulit anggota wudhu secara langsung tanpa adanya penghalang.

Wallahu ta’ala a’lam.

Sumber: Bebagai sumber kajian.

Artikel FiqihTerkait:

  1. WUDHU’, Pengertian, Batasan, dan Hikmahnya
  2. WUDHU’, Keutamaannya
  3. WUDHU’, Syarat-syaratnya
  4. WUDHU’, Niat untuk Bersuci dan Bersiwak sebelum Wudhu’
  5. WUDHU’, Membaca Basmalah
  6. WUDHU’, Mencuci Tangan Mulai dari yang Kanan
  7. WUDHU’, Madhmadhah, Istinsyaq, dan Istintsar
  8. WUDHU’, Mencuci Wajah
  9. WUDHU’, Mencuci Tangan Sampai Siku
  10. WUDHU’, Mengusap Kepala termasukTelinga
  11. WUDHU’, Mencuci Kaki termasuk Mata Kaki
  12. WUDHU’, Hal-Hal Lain yang Terkait
  13. WUDHU’, Doa / Dzikir Setelahnya
  14. WUDHU’, Pembatal-Pembatalnya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: