Doa Meminta Pertolongan Allah dari Musuh


Do'a

Islam menuntun umatnya untuk tidak takut dan hilang harapan karena takut kepada musuh yang melakukan kezhaliman. Salah satunya ialah disyariatkan kepada kita untuk berdoa dan berdzikir, Allah berfirman:

     “Hai orang-orang yang beriman, apabila kamu memerangi pasukan musuh), maka berteguh hatilah kamu dan sebutlah nama Allah sebanyak-banyaknya agar kamu beruntung.”(Al-Anfal 45)

Dengan doa agar dalam keadaan apapun seorang muslim tetap dalam naungan rahmat dan lindungannya:

1.

أَللّٰهُمَّ إنَّا نَجْعَلُكَ فِي نُحُورِهِمْ وَ نَعُوْذُبِكَ مِنْ شُرُوْرِهِمْ

Ya Allah! Sesungguhnya kami menjadikan Engkau di tenggorokan-tenggorokan mereka (agar kekuatan mereka tidak berdaya dalam berhadapan dengan kami). Dan aku berlindung kepadaMu dari kejahatan mereka.

(HR Abu Dawud 2/89 dan dishahihkan Al-Hakim dan disepakati Adz-Dzahabi 2/142)

Penjelasan: hadits tersebut dari Abu Musa radhiyallahu ‘anhu, dan dishahihkan Al-Albani dalam Shahihul-Jami’ 4706. نَجْعَلُكُمْ فِي نُحُورِهِمْ menjadikan Engkau di tenggorokan-tenggorokan mereka” ucapan ini seperti perkataan seseorang “aku jadikan kamu disampingku untuk berperang yang dapat (menjadi pelindungku –ed) menghalangi antara aku dan musuhku.” Dikhususkan penyebutan leher karena ketika berperang, musuh menghadapkan lehernya. Maknanya, “Kami meminta Engkau untuk menghalangi, mencegah kejahatan mereka, mencukupi kami (dalam) urusan (dengan) mereka dan menghalangi antara kami dan musuh-musuh” (‘Aunul-Ma’bud 4/277)

2.

أَللّٰهُمَّ أَنْتَ عَضُدِي، وَ أَنْتَ نَصِيْرِي، بِكَ أَحُولُ، وَ بِكَ أَصُوْلُ، وَ بِكَ أُقَاتِلُ

Ya Allah! Engkau adalah lenganku (pertolongan-Mu yang kuandalkan dalam menghadapi lawanku), dan Engkau adalah pembelaku. Dengan (pertolongan)-Mu aku melintas, dengan (pertolongan)-Mu aku menyergap dan dengan (pertolongan)-Mu aku berperang.

(HR Abu Dawud 3/42 dan At-Tirmidzi 5/572, dan lihat Shahih At-Tirmidzi 3/183)

Penjelasan: عَضُدِي yakni sandaranku, tidak ada sandaran kecuali Engkau. عَضُد Adalah lengan atas sampai pundak. Maknanya Engkau penolongku (‘Aunul-Ma’bud 7/212 dan Tuhfatul-Ahwadzi 10/32)

3.

حَسْبُــنَا اللّٰهُ وَ نِعْمَ الْوَكِيْلُ

Cukuplah bagi kami (hanya) Allah (saja). Dan (Dia-lah, Rabb) Yang Melindungi yang paling baik (dan tepat untuk dipasrahi dalam menghadapi segala urusan).

(HR Al-Bukhari 5/172)

4.

رَبِّ أَعِنِّي وَلَا تُعْنَ عَلَيَّ، وَانْصُرْنِي وَلَا تَنْصُرْ عَلَيَّ، وَامْكُرْلِي وَلَا تَمْكُرْ عَلَيَّ، وَاهْدِنِي وَيَسِّرْ هُدَايَ إِلَيَّ، وَانْصُرْنِي عَلَى مَنْ بَغَى عَلَيَّ

اللَّهُمَّ اجْعَلْنِي لَكَ شَاكِرًا، لَكَ ذَاكِرًا، لَكَ رَاهِبًا، لَكَ مِطْوَاعًا، إِلَيْكَ مُخْبِتًا – أَوْ : مُنِيبًا – ، رَبِّ تَقَبَّلْ تَوْبَتِي وَاغْسِلْ حَوْبَتِي وَأَجِبْ دَعْوَتِي وَثَبِّتْ حُجَّتِي وَاهْدِ قَلْبِي وَسَدِّدْ لِسَانِي وَاسْلُلْ سَخِيْمَةَ قَلْبِي

“Wahai Rabbku, tolonglah diriku atas musuh-musuhku dan janganlah Engkau tolong musuh-musuhku atas diriku. Balaslah makar atas musuhku dan janganlah Engkau membuat makar atas diriku. Tunjukilah diriku da mudahkanlah diriku mengikuti petunjuk. Tolonglah diriku atas orang yang melampaui batas terhadapku. Ya Allah, jadikanlah aku orang yang hanya bersyukur kepada-Mu, berdzikir kepada-Mu, takut kepada-Mu, tunduk dan kembali kepada-Mu. Wahai Rabbku, terimalah taubatku, bersihkanlah dosaku, kabulkanlah doaku, kokohkanlah hujjahku, tunjukilah hatiku, luruskanlah lisanku dan keluarkanlah sifat dendam dari hatiku.”

(HR. Abu Dawud no. 1510 dengan sanaad yang shahih, dari sahabat Ibnu Ababs radhiyallahu ‘anhuma)

Sumber:

1. Hisnul-Muslim. Sa’id bin ‘Ali Wahf Al-Qahthaaniy. Bab 36, DOA BERTEMU DENGAN MUSUH DAN PENGUASA (ZHALIM). Doa ke 126, 127, 128.
2. Doa Edisi 57. http://www.asysyariah.com/syariah/akhlak/5.html.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: