Senam Bayi


Siapa yang tidak senang melihat bayi yang sehat dan gembira. Gelak tawanya selalu menggoda kita untuk mengajaknya bercanda. Sambil bercanda anda dapat meluangkan waktu beberapa menit bersenam dengan si kecil.

Senam untuk bayi tidak hanya membuat tubuh jadi sehat, tetapi juga membiasakan bayi untuk menggerakkan badan. Hal ini perlu dilakukan untuk menyiapkan perkembangan motorik bayi seperti merangkak, berjalan, dan sebagainya. Berikut ini ada beberapa macam gerakan yang dapat dilakukan oleh ibu dan bayinya yang berusia 4 hingga 7 bulan.

1. Menggantung. Baringkan bayi pada punggungnya, kemudian angkat kedua pergelangan kaki sehingga menggantung dengan kepala tetap berada dalam landasan. Gerakan ini berguna untuk menguatkan otot-otot tubuh dari tungkai.

2. Di atas bola. Letakkan bayi di atas bola yang cukup besar. Duduklah anda di belakangnya dengan memegang kedua pergelangan kaki bayi. Gantungkan sebuah mainan yang berwarna-warni di sisinya, sehingga perhatiannya akan tertarik pada mainan dan ia akan membalikkan tubuhnya untuk dapat melihat serta menjangkau benda tersebut. Gerakan ini akan menguatkan otot-otot tubuh.

3. Jongkok. Letakkan bayi dalam posisi jongkok. Pegang paha erat-erat dan tekan sedikit lututnya agar bayi mendorong tubuhnya ke atas. Gerakan ini berguna untuk melatih otot kaki dan tungkai.

4. Menopang. Letakkan bayi di atas bola, pegang kedua pergelangan kakinya erat-erat, kemudian gelindingkan bola secara perlahan-lahan sehingga bayi dengan sendirinya dapat menopang tubuhnya pada kedua lengannya di atas landasan. Gerakan ini untuk menguatkan otot punggung dan leher.

5. Istirahat. Beristirahatlah jika bayi merasa lelah. Dalam keadaan lelah bayi merasa senang bila jari-jari kakinya dimasukkan ke dalam mulutnya. Dengan cara ini ia akan lebih mengenal bagian tubuhnya sendiri.

6. Duduk. Baringkan bayi pada punggungnya. Duduklah anda di hadapannya sambil memegang kedua lengan bayi. Perlahan-lahan tarik kedua lengan tadi sehingga tubuhnya naik dan berada dalam posisi duduk. Gerakan ini baik sekali untuk menguatkan otot lengan dan tungkai.

7. Seperti burung. Baringkan bayi pada perutnya (tengkurap), duduklah anda di belakangnya dan tarik kedua lengan bayi ke belakang. Secara otomatis ia akan menekukkan kedua kaki dan mengangkat kepala dengan rasa bangga dan gembira. Gerakan ini dapat menguatkan otot punggung.

8. Mengangkat tubuh. Baringkan bayi, kemudian duduklah anda di hadapannya. Tekan perlahan-lahan lututnya ke depan sehingga merapat pada tubuh dan biarkan kedua lengannya bebas. Gerakan ini untuk menguatkan tungkai dan punggung.

9. Jadi kereta dorong. Telungkupkan bayi dan duduklah anda di belakangnya. Lengan kanan anda menyanggah dadanya, sedang lengan kiri memegang erat-erat kedua pergelangan kaki. Perlahan-lahan angkatlah perutnya sehingga bagian tubuhnya terangkat ke atas. Gerakan ini untuk menguatkan otot lengan, punggung dan tengkuk.

10. Terbang. Angkat bayi dengan tangan kiri anda sambil memegang kedua pergelangan kakinya, sementara tangan kanan menyangga dadanya. Biarkan bayi merasa sedang terbang untuk beberapa detik. Gerakan ini untuk memperkuat otot punggung.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat.

Sumber: Senam Bayi. Penulis : Ummu Luqman. http://asysyariah.com/syariah.php?menu=detil&id_online=234.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: