Keutamaan Selalu Mendatangi Masjid-Masjid dan Duduk di dalamnya


Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Tujuh golongan orang yang Allah akan menaungi mereka di bawah naungan-Nya, pada hari yang tidak ada naungan kecuali naungan-Nya [1] : Pemimpin yang adil, pemuda yang tumbuh dalam beribadah kepada Allah ‘azza wa jalla, seorang lelaki yang hatinya terpancang di masjid-masjid, dua orang yang saling mencintai karena Allah -berkumpul karena Allah dan berpisah karena Allah- , seorang lelaki yang diajak (untuk berbuat keji, pent) oleh seorang wanita yang mempunyai kedudukan dan cantik lalu ia berkata: “Sesungguhnya aku takut kepada Allah”, seorang yang bersedekah dengan sesuatu lalu ia menyembunyikannya sehingga tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan tangan kanannya, dan seorang lelaki yang menyendiri berdzikir kepada Allah lalu ia menangis. (Diriwayatkan oleh Al-Bukhari dan Muslim dan selain keduanya)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dari Nabi shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:

Tidaklah seorang lelaki selalu mendatangi masjid-masjid untuk shalat dan berdzikir, kecuali Allah bergembira [2] kepadanya, sebagaimana keluarga yang ditinggal bepergian bergembira dengan kedatangannya. (Diriwayatkan oleh Ibnu Abi Syaibah, Ibnu Majah, Ibnu Khuzaimah dan selain mereka, dan hadits ini terdapat dalam Shahih At-Targhib Wat-Targhib dengan no.315)

Dari Abu Darda radhiyallahu ‘anhu, ia berkata: Aku mendengar Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:

Masjid adalah rumah setiap insan yang bertakwa, dan Allah akan menjamin orang yang menjadikan masjid sebagai rumahnya dengan kelapangan, rahmat, dan melewati shirath (jembatan di atas neraka jahannam, pent) menuju keridhaan Allah menuju surga. (Diriwayatkan oleh Ath-Thabrani dalam Al-Kabir dan Al-Ausath dan Al-Bazzar, ia mengatakan: “Sanadnya hasan”. Dan lihat Shahih At-Targhib wat-Tarhib dengan no.328)

Dari Abdillah bin ‘Amru radhiyallahu ‘anhu, dari Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam, beliau bersabda:

سِتٌّ مَجَالِسُ، المُؤمِنُ ضَامِنٌ عَلَى الَّلهِ تَعَالَى مَا كَانَ فِي شَيْئٍ مِنهَا: فِي مَسْجِدِ جَمَاعَةٍ، وَ عِنْدَ مَرِيْضٍ، أَوْ فِي جَنَازَةٍ، أَوْ فِي بَيْتِهِ، أَوْ عِنْدَ إِمَامٍ مُقْسِطٍ يُعَزِّرُهُ وَ يُوَقِّرُهُ، أَوْ فِي مَشْهَدِ جِهَادٍ

Seorang mukmin mempunyai jaminan atas Allah ta’ala pada suatu dari enam majlis: di dalam masjid sedang berjama’ah, ketika sakit, atau ketika mengantar jenazah, atau di rumahnya, atau pada pemimpin yang adil memuliakan dan menghormatinya, atau di medan jihad. (Hadist ini dihasankan oleh Syaikh kami [penulis] di dalam At-Targhib wat-Tarhib dengan no.326)

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, dia berkata:

Sesungguhnya masjid mempunyai tiang-tiang, merekalah tiang-tiangnya. Mereka mempunyai teman-teman dari kalangan malaikat, kalau mereka tidak hadir maka mereka (malaikat) menanyakannya, kalau mereka sakit maka mereka (malaikat) menjenguknya, dan kalau mereka sedang dalam kebutuhan maka mereka (malaikat) akan membantu. (Shahih mauquf atas Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, sebagaimana dalam Shahih At-Targhib)


[1] Yaitu di bawah naungan ‘Arsy-Nya sebagaimana dalam hadits: “Barang siapa yang menangguhkan orang yang kesulitan (dalam hutang) atau membebaskan hutangnya untuknya, maka Allah akan menaunginya pada hari kiamat di bawah naungan ‘Arsy-nya, pada hari tidak ada naungan kecuali naungan-Nya.” Diriwayatkan oleh At-Turmudzi, dan ia mengatakan: “Hadits hasan shahih.” Lihat Sahih At-Targhib hal.129, cet. Al-Maktabul Islami, dan juga hadits no.90.

[2] Al-Basysyu adalah kegembiraan seorang teman dengan temannya, kelemahlembutan dalam permintaan, dan menyambutnya. Dan wa qad basyasytu bihi abasysyu, dan ini adalah permisalan yang dibuat untuk (menggambarkan) perjumpaan dengannya, menyambut dan memuliakannya. (An-Nihayah)

Sumber: Khusyu’; Rahasia dan Pengaruhnya terhadap Iman hal:158-161. Diterjemahkan oleh Hannan Hoesin B.dk dari kitab الصلاة و أثارها في زيادة الإيمان و تهذيب النفس karya Husein Al-Awaisyah. Pustaka ArRayyan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: